2021


"Semacam ada kata ya didalamya. Tapi tenang, ini bukan hal bodoh yang pernah kamu lakukan," kata 2022 padaku.

Tak peduli dengan tahun baru. Aku tetap saja berkutat dengan skripsi. Sampai mengantuk. 

Kakak, ayah dan ibu mulai menyiapkan perapian. Menata tungku dan membuat bara api. Di sebuah meja terdapat roti dan susu. Seperti mau sarapan. Ini kan akhir tahun?

Aku mengambil roti dan memakannya lalu minum susu. Aku tahu bahwa nanti adalah ujian. Di pagi itu aku menyiapkan dresscode dan materi presentasi. 

Ujian dimulai. Singkat cerita tiba saat paling menggantung: keputusan.

Dari luar ruangan terdengar ibu memanggil-manggilku. "Huda.. huda..."  Aduh bu, sabar sedikit, ujian sebentar lagi selesai. Seperti tak mengerti, ibu terus saja memanggilku. 

"Laptopmu matiin dulu," kata ibu dari kejauhan

Aku menatap layar di depanku. Oh benar laptopku menyala. Tapi mengapa aku tidak memakai dresscode? Tidak ada zoom dan dosen penguji?

"Selamat yo hud," kata ibu.

Aku membuka email: "LEMBAR REVISI".

"Aku lulus. Lho iyakah?"